Selasa, 09 Oktober 2012

LANJUTAN PENGERTIAN ILMU SOSIAL DASAR

B. Ilmu Pengetahuan Sosial

Dalam dunia Pengajaran, Ilmu-ilmu sosial telah mengalami perkwmbangan sehingga timbullah paham studi-sosial (social studies), atau di indonesia disebut Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Paham Studi sosial berkembang dan berpengaruh terhadap program kurikulum pada sekolah-sekolah di Amerika Serikat sejak tahun 1940-an sampai sekarang.

Paham studi sosial dipergunakan bagi keperluan pendidikan dan pengajaran, dan bukan merupakan satu disiplin ilmu yang mandiri.

Social studies atau Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) adalah ilmu-ilmu sosial yang disederhanakan untuk tujuan-tujuan Pendidikan dan pengajaran di skolah dasar dan menengah (elementary and secondary school).

Dengan begitu, tandaslah sudah bahwa Ilmu Pengetahuan Sicial (IPS) ialah Ilmu-Ilmu sosial yang dipilih dan disesuaikan bagi penggunaan program pendidikan di sekolah atau bagi kelompok belajar lainnya, yang sederajat.

Materi dari berbagai disiplin ilmu sosial seperti Geografi, Sejarah, Sosiologi, Antropologi, Psikologi Sosial, Ekonomi, ilmu Politik, ilmu Hukum dan ilmu-ilmu sosial lainnya, di jadikan bahan baku bagi pelaksanaan program pendidikan dan pengajaran di sekolah dasar dan menengah.

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) adalah bidang studi yang merupakan paduan (fusi) dari sejumlah mata pelajaran sosial.

Dari uraian tersebut di atas dapat disimpulkan, bahwa ilmu-ilmu sosial merupakan dasar dari IPS. Akan tetepi perlu dicamkan bahwa tidak semua ilmu-ilmu sosial secara otomatis  dapat menjadi bahan / pokok bahasan dalam IPS. Tigkat usia, jenjang pendidikan dan perkembangan pengetahuan anak didik, sangat menentukan materi-materi ilmu-ilmu sosial mana yang tepat menjadi bahan / pokok bahasan dalam IPS. di Indonesia IPS menjadi salah satu mata pelajaran dalam pembaruan kurikulum SD, SMTP dan SMTA dalam kurun waktu 1975-1976, dan masih berlagsung hingga sekarang ini.

Sumber : Buku Ilmu Sosial Dasar
Penulis : Drs. Abu Ahmadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar