Sabtu, 13 Oktober 2012

UPAYA-UPAYA PEMBANGUNAN ILMU SOSIAL DASAR

Pertama, bobot penduduk yang mereka hadapi tidaklah seberat yang dihadapi oleh negara-negara sedang berkembang saat ini, terutama Indonesia. Perkembangan penduduk yang tinggi, sementara kemampuan mereka untuk menghadapi tetap tidak tinggi, telah menimbulkan sebagai masalah di bidang sosial dan ekonomi.

Kedua, sebagai pioneers, negara-negara Barat tidak menghadapi masalah pemilihan teknologi, apalagi pendidikan teknologi seperti yang dihadapi oleh negara-negara sedang berkembang saat ini. Dalam kondisi di mana kemajuan dalam dalam bidang teknologi komunikasi massa dan transportasi sudah sedemikian majunya, membawa pengaruh yang besar terhadap intensitas kontak budaya dengan kebudayaan dari luar. Di sini terjadi perobahan orientasi budaya yang kadang-kadang menimbulkan dampak terhadap tata nilai masyarakat yang sedang menumbuhkan identitasnya sendiri sebagai bagsa,

Ketiga, hampir semua pioneers itu ditandai oleh sifat homogenitas daripada keadaa sosial dan kulturanya, sdagkan negara-negara sedang berkembang saat ini terpaksa bergelut dengan masalah nation building yang rumit,sementara pada saat yang sama pembangunan ekonomi harus mereka laksanakan. Masyarakat indonesia adalah merupakan masyarakat majemuk yang tercermin dalam berbagai aspek kehidupan, dengan latar belakang sosio-kultural yang beraneka ragam, seperti suku bagsa, agama dan sebagainya. Oleh karena itu diperlukan sikap yang mampu mengatasi ikatan-ikatan primor dial, kesukaan dan kedaerahan tersebut sehingga integrasi nasional teteap terpelihara.


Sumber : Buku Ilmu Sosial Dasar
Penulis : Drs. Abu Ahmadi 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar