Senin, 08 Oktober 2012

PENGERTIAN ILMU SOSIAL DASAR



1. SEKILAS TENTANG ILMU-ILMU SOSIAL, ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DAN ILMU-ILMU SOSIAL DASAR.

a. Ilmu-ilmu sosial.
 Telah kita ketahui, bahwa sumber dari semua ilmu pengetahuan adalah philosopia (filsafat). Baik ilmu-ilmu alam maupun ilmu-ilmu sosial di teliti dari pengembanganya bermula dari ilmu filsafat. Dari filsafat itu kemudian lahirlah  3cabang ilmu pengetahuan yaitu :
1) Natural Sciences (Ilmu-ilmu alamiah), meliputi :fisika, kimia, astronimi, biologi, botani,dan lain-lain.
2) Sicial Sciences (Ilmu-ilmu Sosial), terdiri dari : sosiologi, ekonomi, politik, antropologi, sejarah, psikologi, geografi dan lain-lain.
3) Humanities (Ilmu-ilmu Budaya) meliputi : bahasa, agama, kesusasteraan, kesenian dan lain-lain.

Ilmu-ilmu sosial berkembang terus sesuai dengan kebutuhan manusia dalam era pembangunan, khususnya di Indonesia. Wujud dan kenyataan-kenyataan adalah pengembangan ilmu-ilmu Sisoal di Indonesia, setelah bangsa Indonesia mendapat kemerdekaan adalah sebagai berikut :

1) Pertama-tama di dirikan di Yogyakarta suatu akademi ilmu politik. Sponsor-sponsor yang mendirikan akademi ini terdiri dari tenaga-tenaga akademis pembina ilmu politik di Negara Belanda.
2) Selang waktu berikutnya, didirikan pula Balai Perguruan Tinggi Gajah Mada pada tanggal 17 Februari 1946, yang di resmikan pembukaanya pada tanggal 3 Maret 1946, mempunyai 2 fakultas, ialah Fakultas Sastra dan Fakultas sosial. Balai peguruan tinggi itu adalah perguruan tinggi swasta yang dikelola oleh yayasan,
3)Didirikan Akademi Kepolisian.
Sesungguhnya latar belakang berdirinya ketiga pendidikaan tinggi tersebut lebih menekankan kader-kader pengisi jabatan tinggi di Pemerintahan Republik Indonesia pada saat itu. Namun dalam perkembangan tahun-tahun selanjutnyadari ketiga lembaga pendidikan tinggi inilah berkembang ilmu-ilmu sosial di Indonesia.
Dewasa ini di Indonesia terdapat 40 universitas dan institut negeri yang semuanya menyelenggarakan pengajaran dalam bidang ilmu sosial.



Sumber : Buku Ilmu Sosial Dasar
Penulis : Drs. Abu Ahmadi 





 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar