Minggu, 21 Oktober 2012

RUANG LINGKUP PEMBAHASAN ILMU SOSIAL DASAR

4. RUANG LINGKUP PEMBAHASAN

Berpangkal pada tujuan di atas, maka ada 2 masalah yang dapat dipakai sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup pembahasan mata kuliah Ilmu Sosial Dasar, yaitu :

1) Adanya berbagai aspek pada kenyataan-kenyataan yang bersama-sama merupakan suatu masalah sosial, sehingga biasanya suatu masalah sosial bisa ditanggapi dengan pendekatan yang berbeda-beda, sebagai pendekatan tersendiri, maupun gabungan (antar bidang).

2) Adanya beraneka ragam golongan dan kesatuan sosial dalam masyarakat yang masing-masing mempunyai kepentingan kebutuhan serta pola-pola pemikiran dan pola-pola tingkahlaku sendiri, tetapi juga adanya amat banyak persamaan kepentingan kebutuhan serta persamaan dalam pola-pola pemikiran dan pola-pola tingkah laku yang menyebabkan adanya pertentangan-pertentangan mauupun hubungan-hubungan setiakawan dan kerjasama dalam masyarakat itu.

Berdasarkan ruang lingkup kajian sebagaimana tersebut di atas, kiranya masih memerlukan penjabaran lebih lanjut untuk bisa di operasionalkan,yaitu ke dalam beberapa pokok bahasan dan sub-pokok bahasan.

Berdasarkan Konsorsium Antar Bidang, maka perkuliahan Ilmu Sosial Dasar dibagi dalam 8 (delapan) Pokok Bahasan (masing-masing dengan sub pokok bahasan ), sehingga dari perkuliahan tersebut kepada mahasiswa diharapkan :
1) Mempelajari dan menyadari adanya berbagai masalah kependudukan dalam hubungannya dengan perkembangan masyarakat dan kebudayaan.
2) Mempelajari dan menyadari adanya masalah-masalah individu, keluarga dan masyarakat.
3) Mengkaji masalah-masalah kependudukan dan sosialisai serta menyadari identitasnya sebagai pemuda dan mahasiswa.
4) Mempelajari hubungan antara warga negara dan negara.
5) Mempelajari hubungan antara pelapisan sosial dan persamaan derajat.
6) Mempelajari masalah-masalah yang dihadapi oleh masyarakat perkotaan dan masyarakat perdesaan.
7) Mempelajari dan menyadari adanya pertentangan-pertentangan sosial bersamaan dengan adanya integrasi masyarakat.
8) Mempelajari usaha pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi oleh manusia untuk memanfaatkan kemakmuran dan pengurangan kemiskinan.

Sumber : Buku Ilmu Sosial Dasar
Penulis : Drs. Abu Ahmadi 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar